Burung Kasuari Kini Berstatus Punah & Hewan Di Lindungi

Burung Kasuari ini hanya ada di hutan Australia dan Asia Tenggara. Merupakan jenis burung tidak bisa terbang dan memiliki tulang dada datar yang sering disebut dengan ratites. Kasuari merupakan  salah 1 dari 2 genus, ke dalam suku Casuariidae. Genus yang di maskud adalah 3 spesies hewan yang memiliki ukuran sangat besar dan tidak bisa terbang seperti burung lain.

Burung Kasuari
Burung Kasuari Kini Berstatus Punah & Hewan Di Lindungi

Ciri-Ciri Fisik

Warna dari Hewan ini sangat lah mencolok, dengan bulu yang keras dan tajam, memiliki warna biru di sekitaran muka hingga setengah leher, memiliki sepasang kulit yang menggantung di leher berwarna merah, dan pelindung di bagian kepala yang menonjol di atas. Spesies yang berasal dari Indonesia bagian Papua ini, merupakan salah satu kasuari yang sangat  spesial bagi para peneliti dan pencinta alam.

Habitat Asli

Untuk burung kasuari ini bisa kalian jumpai di hutan hujan yang terletak di Papua. Dia sering berkeliaran antara Papua Nugini dan Papua, Indonesia. Hewan tersebut sangat penting untuk penyebaran biji-biji pohon yang dimakan dan di sebarkan sepanjang mereka  berjalan. Dan masuk ke dalam kategori salah satu burung yang terbesar di dunia.

Keunikan Kasuari

Namun dari semua keunikan yang sudah di jelaskan di atas tadi, ada satu hal yang membuat burung ini sangat menarik. Casque yang berada di atas kepala burung tersebut, merupakan sebuah struktur yang keras. Casque ini memiliki fungsi sebagai pelindung kepala bagi burung tersebut.

Perilaku

Perilaku mereka sangat lah kejam dan sangat sensitif jika wilayah mereka di masuki. Kasuari jantan sangat suka bertarung, dan  mereka bertarung dengan sangat baik. Senjata yang perlu di waspadai ada pada kaki mereka, Kaki nya sangat besar dan memiliki kuku yang sangat tajam. Mereka biasa nya menggunakan kakinya untuk melompat dan menendang lawan nya. Pertarungan sesama penjantan biasanya pada musim kawin datang, mereka bertarung untuk mendapatkan betina yang mereka pilih.

Ancaman & Konservasi

Kasuari berada di dalam hutan hujan papua yang sangat lebat dan sudah di jangkau. Akan tetapi ini tidak menjadi alasan mereka sering di buru oleh pemburu gelap yang ingin menjual bulu dan dagung mereka. Salah satu penyebab berkurang nya burung kasuari ini adalah karena habitat mereka juga semakin terancam karena adanya pembukaan lahan di hutan hujan. Burung ini sudah masuk ke dalam kategori terancam punah dan sudah di lindungi. Oleh karena itu, sekarang Organisasi konservasi dan pemerintah sudah mulai melindungi burung tersebut dengan menjaga tempat tinggal mereka di alam liar dan melakukan regulai agar pemburu liar tidak sembarangan lagi menangkap atau membunuh burung tersebut.

LIHAT JUGA : Budidaya Kacang Tanah Dengan Benar Agar Panen Melimpah