Badak Hitam Di Afrika Barat Resmi Di Nyatakan Punah

Badak Hitam di Afrika Barat mengalami kepunahan bahkan ada yang sudah punah. Kepunahan satwa tersebut tidak lepas dari faktor mausia seperti perusakan habitat karena perluasan lahan dan penebangan hutan. Faktor lain juga bisa disebabkan seperti polusi, masuknya spesies asing, kekurangan makanan dan perburuan pembohong.Hal tersebut menyebabkan banyak hewan yang sudah punah contohnya seperti Badak Hitam di afrika selatan yang sudah resmi dinyatakan punah.

Badak Hitam Afrika Barat

Hewan ini resmi dinyatakan sudah punah oleh jaringan konversasi terbesar di dunia.  Hal ini terjadi akibat perburuan pembohong dan ancaman habitat yang terus menerus mengalami kerusakan di belakangan ini. Badak hitam afrika ini memiliki panjang 33,8 meter dan tinggi 1,4-1,7 meter dan berat 800-1.300 kg. Badak hitam ini dinyatakan resmi hilang di kawasan afrika barat atau punah pada tahun 2006.
Perburuan pada cula badak ini cukup tinggi karena dijadikan sebagai bahan baku obat tradisional dan dihargai dengan ketinggian mencapai ratusan dolar.Hal tersebut menyebabkan turunnya populasi badak di afrika ini.Minimnya dukungan politik pemerintah serta meningkatnya perburuan badak karena permintaan cula badak yang semakin tinggi dengan harga yang cukup mahal menyebabkan punahnya utama badak ini.

Menilik Lebih Dekat, Ini 5 Perbedaaan Badak Putih dan Badak Hitam Afrika

Perubahan iklim juga termasuk dampaknya terhadap kepunahan badak ini. Dampak perubahan iklim tersebut membuat habitat mereka menjadi lebih panas, kering, dan kurang ramah. Badak yang tidak bisa berkeringat ini bergantung pada bergantung pada tempat berteduh, dan udara. Dampak perubahan iklim tersebut membuat sumber makanan semakin langka akibat kenaikan suhu dan lahan kering. Sebagai satwa yang tidak bisa mengeluarkan keringat melalui kulitnya yang sangat tebal membuat mereka sangat bergantung pada lingkungan mereka.
Untuk bertahan hidup badak sangat memerlukan pohon untuk berteduh, kubangan lumpur dan dan sumber udara untuk mengatur suhu tubuhnya.
Maka para peneliti juga mengungkapkan bahwa suhu yang semakin panas akibat perubahan iklim yang menyebabkan berkurangnya sumber udara, menyebabkan badak setres.Banyak yang mengira badak itu satwa yang sangat kuat dan tegap sehingga mampu menghadapi perubahan iklim. Namun ternyata faktanya perubahan pada iklim juga menyebabkan punahnya badak hitam di afrika barat tersebut.

Kunjungi Juga : Bocchi the Rock, Anime Yang Terinspirasi Band Dunia Nyata