Tapir Hewan Mamalia, Dengan 6 Fakta Unik Nya

Tapir Hewan Mamalia yang sejenis dengan babi, mempunyai belalai pendek menyerupai gajah yang paling menonjol dari warna tubuh yang unik. Biasa nya, hewan memiliki warna hitam pada bagian kepala dan kaki, dan bagian perut berwarna putih. Tetapi sebagian juga ada yang berwarna coklat atau hitam. Spesies ini bisa kalian temukan di, Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Asia tenggara bagian indonesia. Di indonesia, kalian bisa melihat spesies ini di bagian barat, di sumatera. Tapir sendiri memiliki keunikan, karena ia terancam punah. Simak Penjelasannya Berikut tentang Tapir Hewan Mamalia.

Tapir, Dengan 6 Fakta Unik Nya

 1. Belalai Sebagai Hidung Dan Bibir

Tapir Hewan Mamalia Yang Bernafas menggunakan belalai nya
Tapir Hewan Mamalia Yang Bernafas menggunakan belalai nya

Belalai nya digunakan untuk, memetik daun dan buah lalu ia memasukkannya ke dalam mulut nya. Selain itu yang paling unik, hidungnya ia gunakan untuk aman dari ancaman dengan cara masuk ke dalam udara dan menggunakan hidung panjangnya untuk bernafas dengan arahkan ke atas permukaan udara. 

2. Badan Nya Bisa Menjadi Sangat Gemuk

Badan Tapir Hewan Mamalia Yang Sangat Gemuk
Badan Tapir Hewan Mamalia Yang Sangat Gemuk

Hewan ini, tingginya sekitar 100cm untuk spesies ini sendiri bisa mencapai berat badan sampai 300 kg loh guys . Untuk tapir ini, biasanya nya ditemukan di Asia Tenggara. Bisa di bayangkan gambaran betapa gemuknya.

Baca Juga : Pengendalian Hama Wereng Pada Tanaman Padi

3. Kotoran Nya Yang Berfungsi Untuk Tumbuhan

Kotoran tapir baik untuk tumbuhan

Hewan mamalia herbivora ini, memakan tumbuhan dan biji-bijian. Ia tidak dengan baik mencerna biji-bijian sehingga akan keluar dalam keadaan utuh bersama kotorannya yang bisa tumbuh kembali. Tapir memiliki julukan sebagai, Tukang Kebun Hutan.

 4. Hubungan Saudara Dengan Kuda Dan Badak

Berhubungan dengan kuda dan badak

Ternyata, tapir memiliki hubungan saudara dengan kuda dan badak. Karena, sama-sama memiliki kaki yang ganjil termasuk dalam mamalia berjari ood,  mamalia dengan kaki ganjil. Untuk kuda ada satu jari kaki, badak ada 3 jari kaki, untuk tapir ada tiga jari di kaki belakang dan empat di depan.

 5. Corak Tubuh Yang Unik Pada Anak Nya

Corak tubuh bayi nya menyerupai zebra

Setiap anak nya, yang baru lahir akan memiliki corak tubuh yang unik dengan bintik-bintik berwarna terang hingga menyerupai zebra. Corak ini akan hilang, seiring bertambahnya usia mereka yang semakin besar corak tubuh akan semakin hilang dan menyerupai orang dewasa. 

6. Masa Kehamilan Tapir Betina Lebih Lama

Kehamilan tapir yang lebih lama

Butuh waktu 13 sampai 14 bulan, untuk melahirkan satu anak saja ini membuat tingkat perkembangan mereka menjadi rendah. Hal ini merupakan, faktor utama penyebab spesies ini bisa punah karena masa kehamilan nya yang lama padahal hanya melahirkan satu anak saja.

Apakah Mamalia Ini Termasuk Hewan Terancam Punah?

Hewan ini termasuk terancam punah, populasi nya menurun sekitar 30 sampai 50 persen pada 33tahun terakhir ini. Sebab nya tidak lain karena pemburuan liar, dan kerusakan lingkungan tempat habitat mereka.